Jumat, 25 November 2011

Pencemaran Lingkungan

Hidup Di Indonesia Dan Dampak Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan Hidup Di Indonesia Dan Dampak Pencemaran Lingkungan


Pencemaran Lingkungan Hidup Di Indonesia Dan Dampak Pencemaran Lingkungan - Saat ini nampaknya pencemaran lingkungan sudah semakin parah. Dan kalau di biarkan terus menerus tentu dampak yang di timbulkan dari pencemaran lingkungan yang ada di Indonesia sangat berbahaya pada kelestarian lingkungan hidup selanjutnya. Permasalahan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Di mulai dari kesadaran individu untuk peduli akan lingkungan yang sehat dan menjaga lingkungan yang ada dengan tidak merusak lingkungan di manapun kita berada.



Gambar Pencemaran Lingkungan Di Indonesia

Pencemaran Lingkungan

Dampak Pencemaran Air

Dampak Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan Udara


Ilmu mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan hidup ini dinamakan ekologi. Lingkungan hidup merupakan sistem dari kesatuan antara ruang dengan semua benda, keadaan dan makhluk hidup lainnya. Perilaku manusia akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan pada lingkungan serta kesejahteraan manusia terhadap makhluk hidup yang lainnya.

Makhluk hidup merupakan pihak yang selalu ingin memanfaatkan apa yang ada di sekelilingnya, baik itu untuk pemenuhan kebutuhan pangan, papan serta kebutuhan yang lainnya. Manusia merupakan makhluk yang paling unggul di banding makhluk lainnya di dalam ekosistemnya memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap kelestarian lingkungan.

Dampak pencemaran lingkungan akan berakibat kepada kesehatan manusia, pada tata kehidupan, pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna yang berada dalam jangkauan pencemaran tersebut. Gejala dari pencemaran lingkungan ini dapat terlihat pada jangka waktu yang singkat ataupun jangka panjang, yaitu pada perubahan tingkah laku dan pertumbuhan.

Gejala untuk pencemaran lingkungan yang terjadi pada waktu yang singkat bisa diatasi dengan melihat sumber pencemaran tersebut kemudian mengendalikannya. Sangat berbeda jika di bandingkan dengan pencemaran yang terjadi dalam waktu yang cukup panjang. Bahan pencemar ini melalui proses dan sedikit demi sedikit akan berakumulasi.

Dampak pencemaran yang semula tidak kelihatan. Tapi setelah menjalani proses waktu yang cukup panjang dampak dari pencemaran ini akan kelihatan nyata dengan berbagai akibat yang akan ditimbulkannya. Unsur-unsur yang ada dilingkungan, akan mengalami perubahan pada kehidupan habitatnya. Tanaman yang awalnya hidup sangat subur akan menjadi gersang dan akan digantikan dengan jenis tanaman lain.

Hewan tertentu yang awalnya berkembang secara wajar, pada beberapa tahun kemudian akan menjadi sangat langka di karenakan mati atau mengungsi ke tempat lain. Kesehatan manusia pun akan menunjukkan perubahan, misalnya saja akan muncul jenis penyakit baru yang sebelumnya tidak pernah ada. Air, mikroorganisme, unsur hara serta nilai estetika akan mengalami perubahan yang sangat menyedihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar